ID | EN

Intip Keseruan Lomba Tepat Tanggap Darurat di KIEC


Divisi Security, SHE & Fire PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) mengadakan Lomba Tepat Tangap Darurat saat Kebakaran. Lomba digelar dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional, Kamis (12/03). Tujuan lomba ini terdiri dari tiga aspek antara lain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dibidang penanggulangan kebakaran pembekalan keterampilan pemadaman api dan penolongan pertama bagi karyawan serta untuk mempererat silaturahmi antar karyawan. Diselenggarakan di lapangan parkir Wisma Krakatau, acara diikuti oleh seluruh divisi yang ada di PT KIEC. Peserta yang mewakili masing-masing divisi telah mempersiapkan diri mereka dengan antusian dari beberapa hari sebelumnya, dimulai dari seragam, yel-yel, dan tentunya latihan tata cara pemadaman api dan penyelamatan korban.

Security, SHE & Fire Manager, Joni mengatakan perlombaan ini diadakan untuk mengingatkan kembali kepada karyawan mengenai tata cara pemadaman api menggunakan APAR dan tahapan penolongan pertama kepada korban kebakaran yang selalu disosialisasikan tiap tahunnya kepada karyawan PT KIEC. “Tahun ini KIEC memperingati Bulan K3 Nasional dengan meriah. Bukan hanya perlombaan yang kita lakukan hari ini saja, tapi juga banyak rangkaian kegiatan lainnya yang telah kita lakukan seperti perlombaan desain poster, lomba slogan, dan sosialisasi Safety Riding bekerja sama dengan Polres Kota Cilegon”, ungkapnya.

Pelombaan tepat tanggap darurat ini terdiri dari 5 jenis kegiatan dimana setiap timnya terdiri dari 5 orang. Setiap tim harus melewati beberapa tahapan rintangan, yang pertama setiap aggota harus melewati rintangan ban karet, kemudian melewati bahwah meja menuju halang rintang. Selanjutnya anggota tim dibagi untuk menjalankan 3 peranan, ada yang bertugas sebagai pemadam api, anggota medis dan berperan sebagai korban. Selagi pemadam memadamkan api, tim medis melaukan pertolongan pertama kepada korban yang tidak sadarkan diri serta  mengalami luka bakar dan patah tulang. Setelah api berhasil dipadamkan, petugas pemadam membantu tim medis untuk mengevakuasi korban menuju tempat yang lebih aman.

Perlombaan tepat tanggap darurat ini menuntut kerjasama tim, ketelitian, teknik serta mendahulukan faktor keamanan. Bagi tim yang mendapat nilai terbaik diberikan hadiah berupa uang tunai sebagai bentuk apresiasi.