ID | EN

Peringati Bulan K3 Nasional, KIEC Gelar Sosialisasi Safety Riding

Saat ini kecelakaan lalu lintas menjadi urutan ke-3 tertinggi penyebab kematian di Indonesia. Terutama kecelakaan pada pengguna kendaraan roda dua dimana setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian dan pengetahuan drari pengguna kendaraan roda dua mengenai pentingnya keamaanan dan hal-hal apa saja yang perlu dibperhatikan saat berkendaara. Melihat dari betapa pentingnya pengetahuan mengenai cara berkendara yang aman sekaligus dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) menggelar acara Sosialisasi Safety Riding untuk karyawan, Rabu (11/3).

Bekerja sama dengan Polres Kota Cilegon, Sosialisasi Safety Riding di laksanakan di Wisma Krakatau dan diikuti oleh seluruh karyawan. Acara dimulai dengan sambugan Ketua P2K3 PT KIEC Suparno dilanjutkan dengan pemaparan materi Sfety Riding dan praktek langsung penerapan Safety Riding yang dipandu oleh Unit Dikyasa Satlantas Polres Kota Cilegon.

Safety Riding sendiri merupakan salah satu cara untuk membiasakan diri agar bisa berkendara menggunakan sepeda motor dengan aman dan nyaman. Lebih jauh, diharapkan pengemudi bisa lebih waspada untuk mengurangi risiko di jalan. Pada kesempatan tersebut, materi safety riding yang disampaikan meliputi pentingnya keamanan dan kenyamaanan dalam berkendara, petunjuk keselamatan berlalu lintas untuk pengemudi dan penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Disampaikan pula oleh Unit Dikyasa Satlantas Polres Kota Cilegon mengenai materi praktek safety riding meliputi slalom, pengereman,  dan rintangan bergelombang.

Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres Kota Cilegon IPDA Irwan Zainil mengatakan, butuh waktu supaya pengendara sadar akan kebiasaan berkendara dengan benar namun dengan dibekali pengetahuan yang cukup lambat laun pengendara pasti akan terbiasa. “Perubahan tersebut memerlukan waktu dan konsistensi. Kesadaran akan pentingnya safety riding sangat mempengaruhi perubahan kebiasaan dalam berkendara”, ungkapya.

Selain memperaktikan secara langsung, pada kesempatan yang sama karyawan yang hadir dipersilahkan untuk mencoba mengendari motor khusus yang biasa digunakan oleh Unit Dikyasa Satlantas Polres Cilegon.  Dengan pengawasan langsung dari anggota Unit Dikyasa, karyawan dapat merasakan sensasi mengendarai sepeda motor berukuran besar jenis Yamaha XJ900P dengsn mesin 892 cc empat silinder segaris.