ID | EN

Dampak COVID-19 terasa sampai ke PT KIEC

Pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia berdampak besar pada berbagai lini bisnis, tak terkecuali bisnis PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) di sektor komersial. Sektor komersial PT KIEC yang meliputi unit usaha hotel, golf, kolam renang dan arena olahraga terpaksa harus ditutup sementara, hal ini sebagai tindak lanjut dari usaha pencegahan penyebaran virus COVID-19 sesuai dengan himbuan pemerintah baik pusat maupun provinsi.

Penutupan sementara beberapa unit bisnis PT KIEC berdampak besar pada pemasukan perusahaan di quartal pertama tahun 2020. Hal ini mengharuskan PT KIEC mengambil keuputusan sulit berupa merumahkan sebagian pekerja yang termasuk dalam kategori pekerja harian, pekerja kontrak, dan tenaga kerja adminiatrasi. Total pekerja yang dirumahkan sebanyak 104 pekerja yang terdiri dari 70 pekerja harian, 22 pekerja kontrak dan 12 tenaga kerja administrasi. Bagi pekerja kontrak dan tenaga kerja administrasi tetap memperoleh gaji sebesar 50 persen dari pendapatan bulanannya. Sedangkan, bagi pekerja harian yang pendapatannya dibayarkan per hari tidak mendapatkan bayaran selama dirumahkan.

Menurut Priyo Budianto selaku Direktur Utama PT KIEC penutupan beberapa unit usaha PT KIEC yang menyebabkan sebagian pekerja harus dirumahkan merupakan keputusan sulit bagi management, namun Priyo menyampaikan setelah wabah ini berakhir semua akan kembali seperti semula. “Ini merupakan keputusan berat namun harus kita lakukan dalam masa-masa sulit ini.  Saya yakin kondisi sekarang ini benar-benar berat bagi berbagai pihak terutama bagi pekerja yang terkena dampak langsung. akan tetepi para pekerja tidak perlu khawatir karena mereka akan kembali dipekerjakan setelah keadaan kembali normal seperti semula,” ungkapnya. Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada pekerja harian, pekerja kontrak dan tenaga kerja administrasi, namun berdampak pula pada keseluruhanan kegiatan kerja perusahaan. Semoga dengan segala upaya yang telah dilakukan oleh berbagai pihak pandemi ini dapat segera berakhir dan keadaan dapat kembali normal seperti semula.